Pengrtian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar (ISD)

ILMU SOSIAL DASAR (ISD)


Buku Ilmu Sosial Dasar


Pada dasarnya, ilmu pengetahuan dapat di kelompokkan menjadi 3 cabang, yaitu :
1.      Natural Science (Ilmu-ilmu alamiah), seperti : fisika, kimia, astronomi,      biologi, botani, dan lain-lain.
2.      Sosial Science (Imu-ilmu sosial), terdiri dari : sosiologi, ekonomi, politik,  antropologi, sejrah, psikolog, geografi, dan sebagainya.
3.      Humanities (Ilmu-ilmu budaya), seperti : bahasa, agama, kesusastraan,  kesenian, dan lain-lain.
  Pengelompokan berbagai displin dan subdisiplin ilmu ke dalam ilu itu secara garis besar bertolak dari sasaran pengkajian masing-masing. Secara teknis, sasaran pengkajian itu dalam ranah disiplin ilmu di sebut objek (materia dan formal). sasaran pengakjian  ilmu-ilmu alamiah adalah gejala-gejala perilaku manusia, sedangkan sasaran pengkajian ilmu-ilmu budaya adalah gejala-gejala rohaniah atau aspek-aspek noramtif dalam kehidupan manusia.
  Pengelompokan ilmu sebagai mana di sebut di atas, di kecualikan untuk bidang studi Ilmu Sosial Dasar (ISD). Ilmu Alamiah Dasar (IAD), dan Ilmu Budaya Dasar (IBD) yang di ajarkan pada pendidikan program serjana. Ketiga bidang studi itu di ajarkan pada program studi yang bidang studi keahliannya tidak tercakup dalam ketiga rumpun ilmu di atas.
  ISD bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena ISD tidak mempunyai objek dan meode ilmiah tersendiri, serta tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana di siplin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
  ISD merupakan bahan studi yang khusus di rancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di indonesia di berikan perguruan tinggi. Tegasnya, ISD adalah mata kuliah yang di berikan dalam rangka memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang di kembangkan untuk mengjkaji fakta sosial dan tindakan  sosial agar mahasiswa memikiki kepedulian terhadap lingkungan sosialnya.
  Konsep-konsep ilmu sosial yang di pelajari dalam ISD untuk membedah masalah sosial di gunakan sebagai alat pendekatan dan pemecahan masalah yang timbul dan berkembang dalam masyarakat.
  Khusus mengenai masalah sosial yang menjadi sasaran ISD merupakan masalah yang selalu berkaitan dengan nilai-nilai moral dan pranata-pranata sosial serta selalu berkaitan dengan hubungan manusia dan dengn konteks normatiff di mana hubungan itu terwujud.
  Masalah sosial, paling tidak memiliki dua pengertian, yaitu :
1.      Menurut umum atau warga masyarakat bahwa segala sesuatu yang menyangkut kepentingan umum adalah masalah sosial.
2.      Menurut para ahli, masalah sosial adalah suatu kondisi atau perkembangan dalam masyarakat yang berdasarkan studi mereka mempunyai sifat yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan. Misalnya : masalah pedagang kaki lima di kota-kota besar di indonesia, masalah sampah, masalah pengangguran, dan sebagainya.
Dengan demikian, tujuan mata kuliah ISD ini adalah :
1.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan sosial dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat
2.      Menyadari bahwa setiiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat di dekati secara kritis dan interdisipliner.
3.      Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lainnya dalam menghadapi masalah sosial.
4.      Mengembangkan kesadaran mahasiswa untuk menguasai pengetahuan tentang keanekaraganan dan kesejahteraan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
5.      Menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif dalam memahami keragaman dan kesejahteraan manusia.
6.      Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan kepada mahasiswa sebagai bekal bagi hidup masyarakat selalu individu dan makhluk sosial dalam mempraktikan pengetahuan akademik.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengrtian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar (ISD)"

Post a Comment